Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Rabu, 18 Maret 2009

Menjadi Murid Kristus

Jika kita ingin melanjutkan sekolah ke perguruan Tinggi, kita terlebih dahulu mengikuti ujian. Kalau ternyata nilai kita kurang, maka kita tidak akan masuk ke PT tersebut. Atau jika kita ingin masuk ke sekolah Kepolisian, penerbangan atau kemiliteran, maka diperlukan syarat tinggi badan minimal 165 cm. jika itu tidak terpenuhi maka ada baiknya kita tidak usah mencobanya, dan mungkin banyak lagi. Pokoknya untukmasuk sekolah manapun ada syaratnya dan hal itu memang diperlukan demi kelanjutan kegiatan sekolah tersebut.

Menjadi Murid Kristus



Lalu apa syarat masuk jika ingin menjadi murid Kristus. Yesus berkata: “Jikalau seorang dating kepadaku dan ia tidak membenci bapanya atau ibunya, bahkan istrinya serta anak-anaknya, saudaranya laki-laki dan perempuan dan bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi muridKu”.
Syarat ini pasti terlalu berat bagi kita kalau kita mengartikannya secara harafiah. Ucapan yang membingungkan ini langsung diberi penjelasan dengan dua buah gambaran:
1. Siapakah diantara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah rumah tidak duduk dahulu membuat anggaran biaya.
2. Atau, Raja manakah yang mau pergi berperang melawa raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan apakah dengan 10.000 tentara ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan 20.000 tentara? Segera setelah memberi 2 gambaran tersebut Yesus membuat kesimpulan “Demikian pulalah tiap-tiap orang dianatara kamu yang tak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi muridKu.
Saudara sekalian, gambaran di atas jelas bahwa maksud ucapan Yesus yaitu ada pertimbangan, resiko dankonsekwensi jika kita ingin menjadi murid Kristus. Menjadi murid Kristus berarti mengikatkan diri kita dengan Yesus. Keterikatan dengan Yesus hany mungkin terjadi jika kita melepaskan segala keterikatan kita yang lama yang dapat bertolak belakang dengan Yesus. Itulah sebabnya Yesus mengambil contoh keterikatan dengan keluarga. Jawaban Yeus tentang membenci bapanya, ibunya, saudaranya laki-laki dan perempuan bukanlah diartikan secara harafiah. Maksud dari Tuhan Yesus adalah barang siapa yang ingin menjadi muridNya, maka komitmen pada Yesus harus diletakkan di atas segala kepentingannya yang lain. Bisa saja keinginan kita bertentangan dengan apa yang Yesus. Tetapi kita harus dapat mengalahkan keinginankita dengan mengikuti teladan Yesus.
Melepaskan diri dari keterikatan memang tidaklah mudah dan dibutuhkan pengorbanan serta kesediaan untuk menderita. Barang siapa tidak memikul salibnya ia tidak dapan\t menjadi muridKu. Kata Yesus. Ungkapan ini berarti bahwa mengiktu Yesus tidak boleh diserta dengan motivasi untuk memperoleh keuntungan datau sukses ini dan itu. Mungkin kita berfikir bahwa jika saya mengiktu Kristus maka saya akan menjadi pejabat, orang terhormat, orang besar dsb. Tetapi yang terjadi adalah sebaliknya yaitu harus menderita dan resiko-resiko yang timbul sepanjang jalan. Mengiktu Kristus bukanlah supaya segala keinginan kita terkabul dan terpenuhi tetapi sebaliknya yaitu belajar menempatkan keinginan kita dibawah keinginan Tuhan Yesus. Mengiktu Yesus juga bukan berarti bahwa kita akan jauh dari segala cobaan dan bahaya tetapi sebaliknya. Yohanes 15:7-8 dikatakan: Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.". dapatkah kita memenuhi syarat itu? Tidak ada seorang pun yang dapat memenuhi syarat tersebut. Tentunya kita sebagai orang Kristen sangat sedih dengan hal tersebut. Begitu juga dengan murid-murid Yesus pada waktu itu. Tetapi Yesus menanggapi kesedihan itu. Apa yang tidak mungkin bagi manusia, mungkin bagi Allah (Lukas 18:27).
Ya, Allah sendirilah yang memungkinkan kita menjadi muridNya. Anugerah Allah-lah yang memungkinkan hal itu. Kita diterima menjadi murid Kristus bukankarena kita memenuhi syarat tersebut melainkan karena Tuhan menganugerahkannya kepada kita. Salam.



0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut